Tanya Jawab Mengenai Materi CDMA




Assalamu'alaikum wr.wb
Kini saya akan memberi suatu pertanyaan serta dengan jawabannya yang mengenai Materi CDMA.
  silahkan untuk Disimak...




1. Apa fungsi operator CDMA ? (Lifia Amanda)
Jawaban :
Operator CDMA. Bertugas untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi.
Komentar:
Memberi Pelayanan terbaik bagi Pengguna CDMA dalam komunikasi dan informasi.


2. Apa yang dimaksud dengan spreading code ? (Ine Srihayati)
Jawaban :
Spreading code merupakan proses perluasan media informasi dengan mengkode suatu sinyal informasi dengan sandi tertentu pada waktu dan frekuensi yang sama.
Komentar:
benar, saya setuju.. jadi, Spreading code adalah pembagian dalam informasi dengan memakai Sandi tertentu.

3. Apa yang dimaksud BTS ? (Novi Sutimah)
Jawaban :
BTS (  Base Transceiver Station ). Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu.
Komentar:
menurut saya BTS adalah Alat Penghubung di suatu daerah.
4. Bagaimana pekembangan CDMA di Indonesia ? (Syahrul Amin )
Jawaban:
Pada Agustus 2006, Indosat meluncurkan StarOne dengan jaringan CDMA2000 1x EV-DO di Balikpapan. Pada saat yang sama, Bakrie Telecom memperkenalkan layanan ini pada penyelenggarakan kuliah jarak jauh antara Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan California Institute for Telecommunication and Information (Calit2) di San Diego State University (UCSD) California.
Pemerintah melalui Depkominfo mengeluarkan Permenkominfo No. 01/2006 tanggal 13 Januari 2007 tentang Penataan Pita Frekuensi Radio 2.1 GHz Untuk Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler IMT-2000, menyebutkan bahwa penyelenggaraan jaringan tetap lokal dengan mobilitas terbatas hanya dapat beroperasi di pita frekuensi radio 1.900 MHz sampai dengan 31 Desember 2007. Jaringan pada frekuensi tersebut kelak hanya diperuntukan untuk jaringan 3G. Operator dilarang membangun dan mengembangkan jaringan pada pita frekuensi radio tersebut.
Maka, berdasarkan keputusan tersebut, para operator seluler CDMA berbasis FWA yang menghuni frekuensi 1.900 MHz harus segera bermigrasi ke frekuensi 800 MHz. Saat itu ada dua operator yang menghuni frekuensi CDMA 1.900 MHz, yaitu Flexi dan StarOne. Akhirnya, Telkom bekerjasama dengan Mobile-8 dalam menyelenggarakan layanan Fren dan Flexi, sedangkan Indosat dengan produk StarOne bekerja sama dengan Esia milik Bakrie Telecom.
Jumlah pengguna layanan seluler di Indonesia mulai mengalami ledakan. Jumlah pelanggan layanan seluler dari tiga operator terbesar (Telkomsel, Indosat, dan Excelcom) saja sudah menembus 38 juta. Itu belum termasuk operator-operator CDMA. Hal ini disebabkan oleh murahnya tarif layanan seluler jika dibandingkan pada masa sebelumnya yang masih cukup mahal.
Komentar:
karena Pemakaian CDMA yang banyak diminati oleh Penduduk Indonesia jadi CDMA mulai berkembang di indonesia


5. Apakah perbedaan CDMA dan GSM ?( Eka, Yuli , wahyu )
Jawaban:
Memiliki power output yang sangat rendah yakni 0,2 watt (bandingkan dengan sistem GSM) yang menggunakan 1,5 - 3 watt, menjadikan batere sistem CDMA lebih tahan lama.
Memerlukan daya pancar yang lebih rendah, sehingga waktu bicara ponseldapat lebih lama.
Beban biaya pada Telepon CDMA bisa lebih murah karena pelanggan tidak dibebankan biaya airtime yang selama ini menjerat pengguna GSM. Selain itu biaya relatif hemat karena penghitungannya dilakukan secara real time yakni pulsa dihitung per detik, tanpa pembulatan seperti halnya penghitungan pulsa GSM yang selama ini berlaku
Komentar:
yang membedakan yaitu GSM dalam coverage yang luas dan roaming jelajah yang sangat luas didalam negeri maupun seluruh dunia dibanding dengan CDMA yang terbatas.

6. Bagaimana konsep CDMA seluler ? ( Elita )
Jawaban:
CDMA (Code division multiple access) adalah sebuah bentuk pe-multipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan. CDMA juga mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama ini,seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm.
Komentar:
benar, setuju.. jadi konsep CDMA adalah mudah meng-Access secara bersama-sama.

7. Apa kekurangan dan kelebihan CDMA dibandingkan dengan GSM ?( Dita veriani dan Aga Juliantiadi )
Jawaban :
Kelebihan :
Memeneuhi kebutuhan komunikasi data dan suara tanpa kabel.
Memiliki kapasitas kanal yang lebih tinggi untuk mengatasi lebih banyak panggilan yang simultan per channel dibanding sistem lainnya.
Sistem CDMA menawarkan peningkatan kapasitas melebihi sistem AMPS analog sebaik teknologi selular digital lainnya. CDMA menghasilkan sebuah skema spread-spectrum yang secara acak menyediakan bandwith 1.250 KHz yang tersedia untuk masing-masing pemanggil 9600 bps bit rate.
Meningkatkan call security. Keamanan menjadi sifat dari pendekatan spread spectrum CDMA, dan kenyataannya teknologi ini pertama dibangun untuk menyediakan komunikasi yang aman bagi militer.
Mereduksi derau dan interferensi lainnya. CDMA menaikkan rasio signal-to-noise, karena lebarnya bandwith yang tersedia untuk pesan.
Kekurangan :
Kelebihan teknologi berbasis GSM diindonesia adalah coverage yang luas dan roaming jelajah yang sangat luas baik dalam negeri bahkan seluruh dunia, sedangkan CDMA masih sangat terbatas.
Selain itu adanya masalah optimasi cakupan karena cakupan CDMA dapat mengembang dan menciut. Gejala ini dikenal dengan istilah breathing. Pada kondisi normal dimana jumlah kanal/pengguna sesuai dengan rancangan maka derau dari pengguna lain tidak terlalu banyak. Tetapi pada saat jumlah kanal/pengguna meningkat pada beberapa sel, makaderau dari kanal/pengguna juga akan meningkat sehingga power control akan memerintahkan untuk menaikkan daya pancar.
Dengan meningkatkan daya derau dari kanal/pengguna lain, maka kanal/pengguna ang lokasinya agak jauh dengan base station tentunya dapat kehabisan daya ancar (sudah maksimum) yang dapat mengakibatkan hubungan terputus. Akibat dari ini, secara sistem adalah menciutnya cakupan suatu sel. Bila beberapa sel yang berdampingan menciut maka daerah perbatasan antar sel tersebut menjadi tidak tercakup (blankspot).
Komentar:
dimana ada Kelebihan pasti disitu ada kekurangan.

8. Jelaskan prinsip dasar spread spectrum ? ( Sepriana )
Jawaban :
Spread spectrum adalah teknik memancarkan sinyal pada pita frekuensi yang jauh lebih lebar dari pita frekuensi yang dibutuhkan pada transmisi standard (misal; TDMA, FDMA).
Komentar:
  jadi sperad spectrum adalah pemancar sinyal.

9. Bagaimana prinsip kerja dari jaringan CDMA ? ( M. Jahidin, Aji Pahmi R dan MNQ.Tamam )
Jawaban:
Cara kerja CDMA ini dapat dianalogikan dengan cara berkomunikasi dalam satu ruangan yang besar. Setiap pasangan dapat berkomunikasi secara bersama-sama tetapi dengan bahasa yang berbeda, sehingga pembicaraan pasangan satu bisa dianggap seperti suara kipas bagi pengguna yang lain, karena tidak diketahui maknanya. Pada saat banyak yang berkomunikasi maka ruangan menjadi bising. Kondisi ini membuat ruangan menjadi tidak kondusif lagi untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, jumlah yang berkomunikasi harus dibatasi. Agar jumlah yang berkomunikasi bisa maksimal maka kuat suara tiap pembicara tidak boleh terlalu keras.
Komentar:
jadi cara kerjanya itu komunikasi dua arah.

10. Mengapa ponsel CDMA lebih cepat panas dari pada ponsel GSM ? ( Tatang Suhamdeni )
Jawaban:
Dilihat dari segi Penangkapan Sinyal yang kurang. Sinyal dalam sistem CDMA sangat berperan penting, karena sinkronisasi harus dilakukan secara terus menerus antara device dengan bts yang terdekat. Dalam kondisi device di penerimaan sinyal yang kurang baik, device akan terus berusaha agar dapat terus mendapatkan sinyal. Sinyal yang ditangkap oleh device CDMA dapat berupa sinyal Voice dan Sinyal Data bertipe 1x atau EVDO.Mengingat daerah yang tercover EVDO saat ini masih terbatas, untuk mengantisipasi agar device tidak cepat panas di area yang kurang kuat sinyal EVDO-nya, jalankan device di mode 1x saja. Jangan memaksakan agar dapat menangkap sinyal EVDO, selain menambah panas device juga akan menguras sisa baterai yang tersisa.
Komentar:
menurut saya karna frekuensi daya yang dibutuhkan pada CMDA itu lebih besar di banding GSM.

11. Sebutkan apa sajakah komponen fisik dari sistem CDMA ? ( Ririn Rinasih dan  Tika Martiyani )
Jawaban :
User CDMA mobile device dapat berupa mobile phone, nonmobile phone,  computer, dan dll. BTS (Base Transceiver Station) Merupakan alat/devices yang mengatur alur komunikasi disuatu luasan tertentu Operator CDMA bertugas untuk mengatur lalu lintas dari alur lalu lintas data informasi Satelit Dash berfungsi sebagai penghubung antara pengiriman sinyal dari bumi ke satelit untuk suatu luasan yang sangat besar Satelit berfungsi sebagai penghubung antara daerah-daerah yang jauh yang tak terjangkau oleh BTS dan stasiun-stasiun pemancar bumi.
Komentar:
ya benar, semua komponen fisik sistem CDMA itu tetapi membutuhkan Pemancar sinyal seperti BTS dan Stasiun pemancar bumi.
12. Negara mana pegguna CDMA terbanyak? ( Yayat S. )
Jawaban:
Dibagian Asia Tenggara yaitu INDONESIA. Jumlah pelanggan CDMA di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat tiap tahunnya. Tercatat, pada akhir 2006 pengguna CDMA di Indonesia baru 7,8 juta. Angka itu melonjak dua kali lipat pada akhir 2007 menjadi 14,4 juta.
Komentar:
pengguna CDMA semakin meningkat karena pemakainnya yang lebih murah dan terjangkau dibanding dengan GSM.
13. Mengapa jangkauan CDMA masih sangat terbatas ? jelaskan ( Agus Salam )
Jawaban:
Karena sarana belum cukup dan belum banyak pemancar di setiap pelosok indonesia belum merata.
Komentar:
ya benar,karna jarangnya Pemancar Sinyal CDMA di tiap daerah di Indoensia

14. Apa perbedaan CDMA dan GSM dari segi cara kerja penggunaannya ? (Maulana Harun Ar-Rosyid)
Jawaban: Tidak ada perbedaan yang mencolok namun hanya ada perbedaan dari segi kita mendapatkan sinyal
Komentar:
ya benar, Segi Perbedaan Cara kerja Tergantung Pada Sinyal yang kita dapatkan.

15. Perbedaan Sinyal GSM dan CDMA ? ( Timi )
Jawaban:
Sinyal GSM : Gprs, Edge ,2G,3G HSDPA,4G
Sinyal CDMA: Evdo
Komentar:
ya benar, dari segi penggunaan sinyal, GSM lebih cepat jaringannya akan tetapi memerlukan biaya yang cukup mahal
16. Apa itu pseudo random noise ? ( Ryan Setiagi )
Jawaban :
Pseudo random noise merupakan deretan data berkecepatan tinggi yang berharga polar (-1 & +1) atau non polar (0 & 1).
Komentar:
belum bisa saya mengerti,hehe :D

17. Jelaskan prinsip data spectrum yang digunakan pada CDMA ? ( Al-Fuad Sulthan P. )
Jawaban:
Pada CDMA, sinyal informasi pada transmitter dicoding dan disebar dengan bandwidth sebesar 1.25 MHz (spread spectrum), kemudian pada sisi repeater dilakukan decoding sehingga didapatkan sinyal informasi yang dibutuhkan.
Komentar:
  jadi Prinsip data spectrum yang digunakan CDMA itu tergantung pada spread spectrumnya, jika spectrum besar pengiriman data akan cepat terkirim jika kecil maka pengiriman data lama..

18. Kenapa CDMA menggunakan sinyal analog ? ( Ade S. )
Jawaban:
Karena CDMA menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B.
Komentar:
Menurut saya karna jarangnya pengguna yang menggunakan CDMA, di samping itu karna terbatasnya pemancar Sinyal.

19. Apa perbedaan frekuensi yang digunakan antara CDMA dan GSM ? ( Ahmad Johan )
Jawaban:
Kalau CDMA menggunakan frekuensi 1900 MHz maka cakupannya hanya sekitar 2km dengan 800 MHz bisa sampai 5-6 km .  Namun dengan frekuensi 450MHz bisa sampai 30 km bahkan 120km cakupannya dengan antena khusus.  Sedangkan  frekuensi untuk GSM pada band frekuensi di range 1800 Mhz dengan frekuensi 1710-1785 Mhz sebagai  frekuensi uplinks dan frekuensi 1805-1880 Mhz sebagai frekuensi downlinks. GSM dengan frekuensinya yang baru ini kemudian dikenal dengan sebutan GSM 1800, yang menyediakan bandwidth sebesar 75 Mhz (1880-1805 = 1785–1710 = 75 Mhz).
Komentar:
jadi semua itu tergantung pada frekuensi, jika frekuensi Rendah maka cakupannya semakin luas,dan jika frekuensinya besar maka cakupannya kecil.
20. Kapan CDMA digunakan pertama kali di Indonesia ? ( Agung S. )
Jawaban:
Pada tahun 1995 diluncurkan teknologi generasi pertama CDMA (Code Division Multiple Access) yang disebut ETDMA (Extended Time Division Multiple Access) melalui operator Ratelindo yang hanya tersedia di beberapa wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
Komentar:
ya mungkin saja belum ada yang mengenal GSM... :D
21. Apa pengertian CDMA ? ( Jeli Nios )
Jawaban :
CDMA (Code division multiple access) adalah sebuah bentuk pe-multipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu (seperti pada TDMA) atau frekuensi (seperti pada FDMA), namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan mengunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.
Komentar:
CDMA merupakan akses komunisasi dua arah.

22. Kapan dibuatnya CDMA dan siapa pembuatnya ? ( M. Nandang )
Jawaban:
CDMA pada awalnya dipergunakan dalam komunikasi radio militer Amerika Serikat (AS), mulai tahun 1990 patennya diberikan kepada Qualcomm, Inc. dan dijadikan sebagai standar seluler digital di AS sejak tahun 1993. Oleh karena itu tidak heran jika teknologi ini sangat aman karena tidak dapat digandakan (dikloning).
Komentar:
belum ada yang mengetahui penemunya.

23. Apa Kepanjangan dari CDMA? (Ryan Hidayat)
Jawaban :
Kepanjangan CDMA adalah Code Division Multiple Access
Komentar:
  Ya benar sekali, tetapi sebagian ada yang mengartikannya dengan Berbeda.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar